Selasa, 14 Januari 2020

Mata Juling (malas) pada Anak | Kenali Tanda Gejala Sejak Dini

Mata malas atau mata juling merupakan salah satu gangguan pada penglihatan satu mata yang berdampak pada anak-anak diakibatkan otak dan mata tidak bekerjasama dan akibatnya kemampuan penglihatan anak akan menjadi menurun.

mata juling, mata malas
Image source: visiontherapydallas-fortworth.com

Kondisi gangguan penglihatan mata seperti ini dikenal pula dengan amblyopia (istilah medisnya).

Amblyopia adalah gangguan perkembangan visual di mana penglihatan melalui satu mata gagal berkembang dengan baik pada anak usia dini. Kekurangan bukan di mata itu sendiri tetapi di area visual otak.

Pada umumnya ambliopia ditemukan pada anak-anak saat berusia 4 tahun. Hal ini dapat ditangani dengan cepat yang penting gejala mata malas pada anak ini secepatnya diatasi.

Mengenal Gejala Mata Juling/Malas pada Anak



Kebanyakan anak-anak kita jarang mengetahui kalau diri mereka itu sedang mengalami gangguan penglihatan. Tak jarang pula, anak-anak yang mengalami ambliopia kesulitan menjelaskan kepada orang tua, hingga akhirnya diabaikan dan orang tua menganggap segalanya baik-baik saja.

Oleh karena itulah, orang tua yang  sebaiknya waspada dan lebih perhatian terhadap kesehatan anak. Kenali gejala mata malas pada anak berikut ini :


  • Mata anak tampak juling sebelah.
  • Anak kesulitan mengukur jarak.
  • Gerakan dua bola mata anak tidak saling sinkron.
  • Anak sering kali memicingkan maupun memejamkan satu mata.


Apabila gejala mata malas pada anak mulai terlihat, maka bawalah anak ke dokter spesialis mata supaya kondisi mata yang terganggu tidak semakin parah dan segera diperiksa secara detail.

Pemeriksaan medis dan pengobatan semenjak dini sebaiknya dilakukan, hal tersebut akan berguna mencegah dampak buruk jangka panjang akibat gejala mata malas.

Mata malas atau amblyopia biasanya terjadi akibat koneksi saraf pada salah satu organ penglihatan yang terhubung dengan otak tak terbentuk sempurna saat masa kanak-kanak.

Organ mata dengan daya penglihatan buruk, mengirimkan sinyal penglihatan yang kabur bahkan keliru menuju otak. Kemudian otak akan mengirim sinyal yang lebih sedikit ke mata yang terganggu.

Penyebab Gejala Mata Malas pada Anak


Semakin lama gangguan pada satu mata, maka berpengaruh pula pada kinerja dua mata sehingga berkemungkinan terganggu keduanya. Gangguan perkembangan kemampuan visual ini dapat disebabkan berbagai hal, di antaranya yaitu :

1. Mata juling atau strabismus

Kondisi mata ini menjadi penyebab terbanyak terjadinya mata malas. Adanya riwayat keluarga yang mengalami masalah sama sering jadi penentu.

2. Gangguan refraksi

Kondisi ini ditunjukan dengan adanya beda refraksi terhadap kedua mata hingga mata yang memiliki penglihatan lebih jelas menjadi lebih dominan.

3. Katarak mata pada anak

Mata malas atau amblyopia dapat mengakibatkan katarak dan sering kali kondisi ini menyebabkan keadaan paling parah.

Selain itu, para ahli menduga pula bahwa terdapat beberapa faktor lain yang berpotensi tingkatkan risiko amblyopia. Faktor risiko lain tersebut seperti berat badan bayi saat lahir di bawah berat normal, kelahiran prematur, riwayat keturunan, maupun gangguan perkembangan.

Diagnosis serta pengobatan gangguan pengobatan mata malas (amblyopia), disarankan untuk jalani pemeriksaan organ mata secara keseluruhan terutama diumur 3-5 tahun, sebab sebagian besar balita usia tersebut sudah mampu merespon tes-tes mata melalui pemeriksaan medis.

Penanganan Gejala Mata Malas pada Anak


Tingkat keparahan gangguan penglihatan mata malas atau amblyopia pada anak langkah pengobatannya akan sesuai gejala mata malas pada anak. Beberapa penanganan yang umumnya disarankan dokter :

Kacamata untuk atasi gangguan mata malas akibat rabun dekat, rabun jauh, maupun astigmatisme.

Penutup mata pada mata yang normal, hal ini justru berguna merangsang kemampuan mata yang kurang daya penglihatannya. Cara terapi ini biasanya akan efektif bagi balita. Penutup mata biasanya digunakan selama sekitar 2-6 jam setiap hari.

Minum secara rutin imogen eye untuk mencegah tingkat keparahan. Minuman vitamin mata untuk anak ini rasanya pasti disukai untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk aturan dan cara minum imogen eye buat anak-anak di bawah 10 tahun minumnya pagi setengah sachet dan malam sebelum tidur setengah sachet, seduh dengan 200 cc/ml air biasa.

Imogen Eye

Langkah terakhir apabila tingkat keparahan tinggi yakni operasi. Tindakan medis ini berguna untuk memperbaiki otot pada organ mata. Meskipun tidak bisa sepenuhnya memperbaiki kemampuan visual, namun setidaknya mata pasien jadi lebih sinkron serta kinerja dua mata pun jadi meningkat.

Umumnya lama masa pengobatan atau terapi amblyopia atau mata malas dapat berlangsung sekitar 6 bulan sampai 2 tahun.

Nah, jika gejala mata malas pada anak sudah nampak, pastikanlah anak menjalani pemeriksaan mata secara rutin, baik selama bahkan setelah penanganan atau terapi. Dengan demikian dokter dapat memantau keefektifan dari langkah terapi atau pengobatan yang telah dijalani.

Masa terapi atau pengobatan yang lama, terkadang membuat anak bosan. Dukungan orang tua sangat dibutuhkan agar anak tidak bosan menjalani terapi hingga kemampuan visualnya menjadi lebih baik.

Jadi, pastikan untuk cepat tanggap ketika muncul gejala mata malas pada anak, agar penanganannyapun bisa lebih cepat.


EmoticonEmoticon